GRC Summit 2022
“Sailing in the multiverse of uncertainty”

GRC Summit 2022 merupakan acara tahunan ke 4 yang mempertemukan praktisi, akademisi, dan regulator dari berbagai latar belakang industri (nasional dan asing) untuk berbagi perspektif dan pengalaman dalam mempraktikkan GRC secara terintegrasi. GRC Summit 2022 mengangkat topik “Sailing in the multiverse of uncertainty”. Topik ini dipilih untuk merepresentasikan bahwa Organisasi di berbagai sektor menghadapi ketidakpastian yang datang dari berbagai aspek, seperti ketidakstabilan politik, pandemi, era digital, dan banyak lagi. Ketidakpastian tersebut menimbulkan risiko bagi suatu organisasi dalam rangka penciptaan nilai dan pencapaian keberlanjutan organisasi.

Acara seminar dan masterclass diselenggarakan pada tanggal 25-26 Agustus 2022 yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta, baik secara daring melalui zoom serta luring bertempat di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Bapak Dr. Antonius Alijoyo, selaku Principal CRMS Indonesia serta Ketua Steering Committee GRC Summit 2022. Kemudian diilanjutkan sesi Lifetime Achievement oleh Ketua Dewan Audit OJK, Ibu Sophia Wattimena, dengan paparannya terkait Penciptaan Nilai melalui GRC pada Sektor Jasa Keuangan di Indonesia. Dan sesi Keynote Speech dari Lee Dittmar dengan paparannya terkait Penciptaan Nilai melalui GRC pada sektor global.

Adapun beberapa narasumber yang turut hadir mengisi acara GRC Summit 2022 pada hari Kamis (26/08/2022) diantaranya:

  • Bapak Kunjung Masehat, selaku Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)
  • Bapak Hendro Kusumo, selaku Deputi Bidang Pengembangan Standar Badan Standardisasi Nasional (BSN)
  • Ibu Sinthya Roesly, selaku Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT PLN Persero
  • Bapak Adi Budiarso, selaku Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu)
  • Bapak Arief Tri Hardiyanto, selaku Kepala Pusdiklatwas BPKP
  • Bapak Dr. Waluyo, selaku Dewan Pengawas Asosiasi GRC

MKS sebagai salah satu organisasi pendukung dalam acara GRC Summit 2022 berharap bahwa dengan diselenggarakannya acara ini bisa mendorong kesadaran dan komitmen bersama untuk mendukung, menerapkan, dan mengembangkan praktik GRC terintegrasi di organisasi.