Menyadari akan pentingnya manajemen risiko dalam mendukung peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Forum Manajemen Risiko BUMN sebagai wadah komunikasi bagi para praktisi manajemen risiko BUMN, mengadakan acara Roudtable Discussion pada tanggal 21 Februari 2019 yang berlokasi di Kantor Pusat Jasa Marga, dengan mengangkat tema “Risiko Holding BUMN”. Hadir pada acara tersebut, Bapak Gatot Trihargo selaku Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Kementerian BUMN untuk memberikan keynote speech dengan Judul “Risk Management in Holding Company”. Acara juga terdiri dari sesi diskusi panel sebagai bagian dari practice sharing mengenai penerapan manajemen risiko baik dalam konteks BUMN, maupun dari sektor swasta.

Acara ini merupakan bagian dari Inisiatif Forum Manajemen Risiko BUMN dalam rangka pengembangan praktik manajemen risiko dalam konteks BUMN. Beberapa inisiatif konkret dilakukan oleh Forum Manajemen Risiko BUMN diantaranya dengan adanya penandatanganan kerjasama dengan beberapa pihak, diantaranya dengan:

    1. Lembaga yang memberikan jasa pelatihan dan/atau konsultasi pada bidang GRC yaitu CRMS Indonesia, BSI, serta, Endurra.
    2. Asosiasi Profesi Bidang GRC dan Internal Audit, yaitu: IRMAPA sebagai asosiasi profesi Manajemen Risiko, ICOPI sebagai asosiasi profesi Kepatuhan, dan IPACA sebagai asosiasi profesi internal audit.
    3. Selain itu, ditandatangani juga perjanjian kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi bidang manajemen risiko, yaitu LSP LPK MKS.

 

 

 

 

 

 

Dengan adanya beberapa inisiatif positif yang disertai dengan langkah konkret dengan penandatanganan kerjasama dengan beberapa pihak, diharapkan inisiatif Forum Manajemen Risiko BUMN ini dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan praktik manajemen risiko di Indonesia, khususnya dalam konteks BUMN.